RSS

PIDATO TENTANG PERTANIAN ORGANIK

23 Des

Selamat pagi dan selamat datang.
Yang terhormat ibu dosen bahasa indonesia yang terhormat dan kepada para teman-teman sekalian; terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan sehingga sekarang saya bisa berdiri di hadapan hadirin untuk menjelaskan pentingnya makanan orgnanik bagi kesehatan kita.
Berdasarkan pada penelitian referensi dari internet, saya menemukan banyak sekali hambatan bagi kita untuk hidup sehat di zaman ini. Dari lingkungan, polusi udara sudah memapar tubuh kita sehari-hari; junk food mengandung kalori dan lemak tinggi, tapi rendah protein dan vitamin; berbagai makanan yang dibubuhi MSG, pengawet, dan bahan berbahaya lainnya; hingga sayuran dan buah-buahan yang terkontaminasi residu kimia dan pestisida; dan orang yang supersibuk sehingga mudah stres dan melupakan olahraga. Lengkaplah sudah hambatan-hambatan menuju hidup sehat.
Di Israel, sebuah penelitian memaparkan bahwa pestisida bisa membuat kit mudah terserang sakit kepala, tremor, dan kejang. Di Belgia, penelitian terhadap beberapa wanita kanker payudara menemukan kadar pestisida di dalam darak mereka 6-9 kali lebih banyak dibandingkan dengan wanita sehat. Karena itu, mengonsumsi makanan organik adalah cara efisien untuk menghindari bahan-bahan kimia tersebut. Selain itu, dengan mengonsumsi makanan organik kita juga menja keseimbangan alam karena kita turut menentang pencemaran oleh zat kimia seperti pestisida dan pupuk buatan terhadap lingkungan.
Bagaimanakah cara memastikan sebuah produk makanan itu organik? Pertama, jaminan berdasarkan kepercayaan antara petani dan konsumen. Jaminan ini berlaku bagi para konsumen yang sudah lama mengenal sang petani dan yakin betul bahwa semua proses penanaman sayuran dan buah-buahannya terbebas dari zat kimia. Kuda adalah pendampingan. Konsumen bisa mendampingi sang petani dalam proses perkebunan atau pertaniannya untuk memastikan tidak adanya penggunaan zat kimia. Jaminan ketiga tidak lain yaitu sertifikat yang diberikan lembaga independen yang kompeten untuk produk-produk yang dinilai sudah memenuhi standar organik.
Sekali lagi saya tegaskan bahwa kita bisa hidup sehat jika kita mau. Ingatlah tiga jaminan tadi – kepercayaan, pendampingan, dan sertifikat. Ingatlah juga bahwa kita turut menjaga keseimbangan alam dengan mengonsumsi makanan-makanan organik.
Demikianlah pidato saya akhiri. terima kasih atas perhatiannya.
Selamat pagi.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 23, 2012 in bahasa indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: