RSS

TUGAS 4(MANFAAT ALPUKAT)

23 Des

1. Apa manfaat dari alpukat ?

jawab :
Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Mencegah resiko penyakit strokeKandungan Asam Folat dalam Buah Avokad ini berpotensi mencegah resiko penyakit stroke. Caranya cukup dengan makan satu buah alpukat dalam sehari secara rutin.

Menangkal radikal bebasKandungan Vitamin E, C atupun flavonoid akan menagkal radikal bebas. Sedangkan radikal bebas adlah penyebab utama timbulnya penyakt kanker. Konsumsi saja setip hari.

Menjaga kesehatan mataKandungan vitamin A dalam buah alpukat  berperan dalam melindungi mata dari degenerasi katarak dan makula.

Menjaga kesehatan jantungKandungan asam folat yang tinggi akan menjaga kesehatan jantung. Satu gelas alpukat mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan tubuh.

Penyembuh Sakit MaagKalau terkan sakit maag ringan makan sari biji buah alpukat. Karena buah ini bisa mengoabati penyakit maag yang menyerang anda.

Mencegah kanker prostat
Senyawa yang terkandung dalam buah alpukat dapat mencari sel kanker yang baru timbul dan kemudian menghancurkannya tanpa merusak sel-sel kesehatan lainnya.
Membantu Turunkan Kolesterol
Kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol.
Untuk mata yang bengkak.
Caranya Ambil alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit. Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit. lalu bilas dengan air bersih.
Untuk Masker wajah
Caranya Potong alpukat menjadi dua bagian. Kemudian blender 1/2 bagian, tambahkan madu sebanyak 1/4 cangkir. Ratakan pada wajah. Biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Cara ini sangat cocok untuk kulit kering
Rambut lembut dan bersinar.
Caranya Campurkan sepotong alpukat (1/2 rambut pendek), sebutir kuning telur, 1/2 sendok teh minyak zaitun. Ratakan pada rambut dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Kemudian bersihkan dengan shampo dan conditioner seperti biasa.
Tangan halus dan lembut.
Caranya Campurkan 1/4 bagian dari alpukat dengan 1 butir putih telur, 2 sendok makan outmeal, dan satu sendok makan lemon joice. Campurkan lalu ratakan pada tangan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

2. Bagaimana syarat tumbuh tanaman alpukat ?

jawab :

Syarat Tumbuh Tanaman Alpukat / Avokad Supaya Dapat Tumbuh Baik – Buka Mata. Hal yang diperhatikan supaya tanaman alpukat dapat tumbuh dengan optimal maka harus memperhatikan:

Iklim.
  • Curah hujan minimum utk pertumbuhan adalah 750-1000 mm/tahun. Ras Hindia Barat & persilangannya tumbuh dengan subur pd dataran rendah
    beriklim tropis dengan curah hujan 2500 mm/tahun. Utk daerah dengan curah hujan kurang dari kebutuhan minimal (2-6 bulan kering), tanaman alpukat masih dpt tumbuh asal kedalaman air tanah maksimal 2 m.
  •  Angin diperlukan oleh tanaman alpukat, terutama utk proses penyerbukan. Namun demikian angin dengan kecepatan 62,4-73,6 km/jam dpt dpt mematahkan ranting & percabangan tanaman alpukat yg tergolong lunak, rapuh & mudah patah.
    kering, bila dibandingkan dengan ras Hindia Barat.
  • Suhu optimal utk pertumbuhan alpukat berkisar antara 12,8-28,3 derajat C. Mengingat tanaman alpukat dpt tumbuh di dataran rendah sampai dataran
    tinggi, tanaman alpukat dpt mentolerir suhu udara antara 15-30 derajat C atau lebih. Besarnya suhu kardinal tanaman alpukat tergantung ras masing-masing, antara lain ras Meksiko memiliki daya toleransi sampai –7 derajat C, Guatemala sampai -4,5 derajat C, & Hindia Barat sampai 2 derajat C.
  • Cahaya matahari utk pertumbuhan alpukat berkisar 40-80 %. Utk ras Meksiko & Guatemala lebih tahan terhadap cuaca dingin & iklim
Media Tanam
  • Jenis tanahnya adalah jenis tanah lempung berpasir), lempung liat  & lempung endapan .
  • Tingkat keasaman tanah yg baik adl berkisar antara pH sedikit asam sampai netral, (5,6-6,4). Bila pH di bawah 5,5 tanaman akan
    menderita keracunan karena unsur Al, Mg, & Fe larut dalam jumlah yg cukup banyak. Sebaliknya pd pH di atas 6,5 beberapa unsur fungsional seperti Fe, Mg, & Zn akan berkurang.
  • Tanaman alpukat supaya tumbuh optimal memerlukan tanah gembur, tidak mudah tergenang air, (sistem drainase/pembuangan air yg baik), subur & banyak mengandung bahan organik.
Ketinggian Tempat
  • Umumnya tanaman alpukat dpt tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi, yaitu 5-1500 m dpl. Namun tanaman ini akan tumbuh subur dengan hasil yg memuaskan pd ketinggian 200-1000 m dpl. Utk tanaman alpukat ras Meksiko & Guatemala lebih cocok ditanam di daerah dengan ketinggian 1000-2000 m dpl, sedangkan ras Hindia Barat pd ketinggian 5-1000 m dpl.

3. Darimana asal tanaman alpukat ?

jawab :

Menurut wikipedia, ensiklopedia bebas, Avocado pear, apokat, alpukat, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

4. sebutkan jenis alpukat !

jawab :

A. Ras Meksiko
  • Jenis alpukat ini berasal dari dataran tinggi Meksiko dan Equador yang beriklim semi tropis dgn ketinggian antara 2.400-2.800 M dpl. Ras Meksiko tahan terhadap suhu dingin.Jenis ini mempunyai daun dan buahnya yang berbau adas. Waktu yang diperlukan dari bunga sampai buah bisa dipanen lebih kurang 6 bulan. Buahnya kecil yang beratnya sekitar 100-225 gr, bentuk jorong (oval), bertangkai pendek, kulitnya tipis dan licin. Biji besar memenuhi rongga buah. Daging buah mempunyai kandungan minyak/lemak yang paling tinggi.
B. Ras Guatemala
  • Jenis Alpukat ini berasal dari dataran tinggi Amerika Tengah dengan beriklim sub tropis yg cocok ditanam pada ketinggian sekitar 800-2.400 M dpl. Berbeda dengan ras Meksiko, ras ini kurang tahan terhadap suhu dingin (toleransi sampai -4,5 derajat C). Daunnya tidak berbau adas. Buah mempunyai ukuran yang cukup besar, beratnya sekitar 200-2.300 gr, kulit buah tebal, keras, mudah rusak dan kasar (berbintil-bintil). Daging buah mempunyai kandungan minyak yang sedang. Waktu yang diperlukan dari bunga sampai buah bisa dipanen lebih kurang 6 bulan 9-12 bulan. Bijinya relatif berukuran kecil dan menempel erat dalam rongga, dengan kulit biji yang melekat.
C. Ras Hindia Barat
  • Jenis Alpukat ini berasal dari dataran rendah Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang beriklim tropis, dengan ketinggian di bawah 800 M dpl. Ciri-cirinya adalah sangat peka terhadap suhu rendah, dengan toleransi sampai minus 2 derajat C, daunnya tidak berbau adas, warna daunnya lebih terang dibandingkan dengan kedua ras yang lain, berat buah sekitar 400-2.300 gram, tangkai pendek, kulit buah licin agak liat dan tebal. . Kandungan minyak dan daging buahnya paling rendah. Buah masak 6-9 bulan sesudah berbunga. Biji besar dan sering lepas di dalam rongga, keping biji kasar.
Varietas-varietas alpukat di Indonesia yaitu:
A. Varietas unggul
Disebut varietas unggul karena produksinya tinggi, toleran terhadap hama dan penyakit, buah seragam berbentuk oval dan berukuran sedang, daging buah berkualitas baik dan tidak berserat, berbiji kecil melekat pada rongga biji, serta kulit buahnya licin. Contoh varietas alpukat unggul, yaitu alpukat ijo panjang dan ijo bundar. Sifat-sifat kedua varietas tersebut antara lain:
  • Tinggi pohon: alpukat ijo panjang 5-8 m, alpukat ijo bundar 6-8 m.
  • Bentuk daun: alpukat ijo panjang bulat panjang dengan tepi rata, alpukat ijo bundar bulat panjang dengan tepi berombak.
  • Berbuah: alpukat ijo panjang terus-menerus, tergantung pada lokasi dan kesuburan lahan, alpukat ijo bundar terus-menerus, tergantung pada lokasi dan kesuburan lahan.
  • Panjang buah: alpukat ijo panjang 11,5-18 cm (rata-rata 14 cm), alpukat ijo bundar 9 cm.
  • Hasil: alpukat ijo panjang 40-80 kg /pohon/tahun (rata-rata 50 kg), alpukat ijo bundar 20-60 kg/pohon/tahun (rata-rata 30 kg).
  • Berat buah: alpukat ijo panjang 0,3-0,5 kg, alpukat ijo bundar 0,3-0,4 kg.
  • Bentuk buah: alpukat ijo panjang bentuk pear (pyriform), alpukat ijo bundar lonjong (oblong).
  • Rasa buah: alpukat ijo panjang enak, gurih, agak lunak, alpukat ijo bundar enak, gurih, agak kering.
  • Diameter buah: alpukat ijo panjang 6,5-10 cm (rata-rata 8 cm), alpukat ijo bundar 7,5 cm.
B. Varietas lain

Varietas alpukat kelompok ini merupakan plasma nutfah Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi, Tlekung, Malang. Beberapa varietas alpukat yang terdapat di kebun percobaan Tlekung, Malang adalah alpukat merah panjang, edranol, dickson, butler, winslowson, benik, puebla, furete, mexcola, duke, ryan, leucadia, collinson, waldin, ganter, queen dan merah bundar.

5. Bagaimana cara penanaman alpukat ?

jawab :

Cara budidaya tanaman  Buah Alpukat
Pembibitan tanaman: 
Tanaman diperbanyak dengan okulasi atau sambung pucuk. Bibit dapat disambung pada umur 1-8 bulan. Perbanyakan dengan biji hanya untuk batang bawah. Budi daya tanaman: Bibit okulasi (sambungan) ditanam pada jarak 12 m x 12 m. Ukuran lubang tanam 60 cm x 60 cm x 40 cm. Pupuk kandang yang diberikan 30 kg/lubang. Pupuk buatan berupa campuran 25-1000 g urea, 25-1000 g TSP, dan 25-800 g KCl per pohon diberikan tiga bulan sekali. Dosis pemberian pupuk meningkat sesuai dengan umur tanaman. Sebaiknya dalam satu areal ditanam dua tipe alpukat. Sekurangkurangnya 5-10% dari jumlah bibit yang ditanam berasal dari tipe lain sebagai sumber tepung sari (pejantan). Untuk memudahkan perawatan, dianjurkan penanaman dilakukan menjelang musim hujan.
Pemeliharaan Alpukat
Pemangkasan hanya dilakukan untuk pembentukan pohon (pemotongan batang pokok). Tanaman alpukat dari bibit okulasi mulai berbunga pada umur 5-6 tahun, sedangkan dari bibit biji pada umur 9-12 tahun.
Hama dan Penyakit Alpukat
Hama yang sering menyerang tanaman alpukat adalah ulat daun Sania insularis dan penggerek cabang Rhynchites lauraceae Voth. Adakalanya lalat buah menyerang buah muda dan penggerek batang menggerek ujung-ujung cabang hingga ujung cabang menjadi kering. Penyakit yang sering menyerang tanaman alpukat adalah busuk akar Phytophthora cinnamomi yang dapat diatasi dengan siraman larutan Benlate 0,3% atau karbol 10-50%. Penyakit dapat menular melalui bibit yang digunakan atau alat-alat pertanian. Penyakit busuk buah Colletotrichum gloeosporiodes menyerang buah, terutama yang disimpan pada suhu panas dan lembap. Cendawan Phytophthora menyerang bila suhu tanah antara 13-23° C. Infus dengan fungisida melalui batang biasanya dapat mengatasi serangan penyakit busuk akar. Serangan hama-hama di atas dapat diatasi dengan semprotan atau infus larutan insektisida (Tamaron 200 LC atau Curacron 500 EC).
Panen dan Pasca Panen
Buah alpukat dipanen setelah tua benar. Tandanya, kulit buah sudah tampak buram dan bila buah digoyang akan berbunyi. Buah dipetik dengan menggunakan jaring agar tidak jatuh ke tanah. Buah yang terbentur akan memar dan tidak matang sempurna. Buah yang telah tua akan matang 2-3 hari setelah dipetik. Buah yang jatuh/memar akan mudah terserang penyakit busuk buah (kecokelatan) dan rasanya pahit.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 23, 2012 in bahasa indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: