RSS

TUGAS 8 bahasa indonesia

07 Jan

Mengomentari cara berpidato

  1. 1.     Titus Nova Alhandaka ,sudah baik.Namun masih ada hal-hal yang harus diperhatikan.Yaitu

Tiga syarat pidato yang baik :
1.    Dapat dipahami oleh pendengar (hadirin)
2.    Dapat dihayati oleh pendengar (menyentuh)
3.    Besar artinya bagi kehidupan pendengar (mengubris)

Pada saudari Titus tidak dapat memberikan informasi dengan baik (bertele-tele),sukar dimengerti . Adapun faktor lain yaitu tidak memperhatikan audiens(pendengar).Sebaik apapun pidato,jika audiens tidak mengerti.Maka sama halnya kita membuang-buang suara saja.Lalu berikutnya

Sistematika Berpidato
1. Pembuka : salam
2. Pendahuluan
3. Materi Pidato
4. Point akhir atau kesimpulan
5. Salam penutup
ada sistematika yang saudari titus tidak perhatikan,yaitu point terakhir atau kesimpulan .

Sikap berdiri

Sikap berdirinya tidak berwibawa,tidak tegas.Karena pidato itu indentik dengan sikap berdiri yang tegas dan penuh wibawa.

Suara

Suaranya masih kurang lantang,sehingga audiens mengantuk untuk mendengar pidatonya.

 

  1. 2.     Septi Mustika,sudah cukup baik.Mengapa cukup? Pertama,saudari Sepeti terlalu terburu-buru dala berbicara.Jadi audiens sukar untuk mengerti apa yang ia sampaikan.Lalu,sama seperti saudari Titus,yang tidak ,memperhatikan syarat yang ke empat yaitu membuat kesimpulan.Dan juga tidak mengefisienkan waktu yang telah diberikan

Sikap Berdiri sudah berwibawa,namun tidak menguasai materi.

Suara sudah lantang terutama bagi wanita .

  1. 3.     M.Nur.Fitriyanto,sudah baik.Namun hanya saja masih banak melihat teks dan tidak melihat audiens.Sikap berdiri baik,suara cukup lantang,tidak terburu-buru menyampaikan informasi.

 

  1. 4.     Agus Supriyanto,cukup baik dalam berpidato.Masih banyak yang harus diperhatikan.Terutama dalam menguasai teks.Selanjutnya tidak memperhatikan audiens.Sikap berdiri yang kurang baik,karena masih membungkuk.Namun,suaranya lantang sehingga audiens dapat mengerti apa yang ia maksud

 

  1. 5.     Yudi Aditya,kurang baik.Terutama pada penguasaan materi.Menurut saya pribadi,saudara yudi menghafal materi,bukan memahaminya.Itu salah besar jika kita menghafalnya.Masih gugup,sikap berdiri sudah baik,suara masih perlu dilantangkan.Faktor lain saya belum tau,karena masih sebagian pidato saja .

 

  1. 6.     Rahman Mulyadi,menurut saya sudah cukup baik,karena perbendaharaan kosa katanya sudah banyak .Sehingga tidak menyulitkan ia dalam berpidato.Sikap berdiri,suara sudah baik.Dia mampu menyesuaian dengan kondisi.

 

  1. 7.     Joni,saudara joni masih banyak yang harus diperhatikan,yaitu pada kesimpulan.Ia tidak menjelaskan apa kesimpulan dari pidatonya itu.Suara juga harus disesuaikan dengan pidato.Menurut saya pidato saudara Joni tersebut menghimbau kepada kita untuk menggunakan pertanian organi dikarenakan menguntungkan bagi kesehatan,jadi seharusnya ketika menghimbau,suaranya harus lantang .

 

  1. 8.     Andreas Damanik,menurut saya sudah baik .mengapa? karena ia mampu memberi informasi dengan baik.Cara menyampaikan pidato dengan cara berbeda.

 

  1. 9.     Zulfa Khairiah,sudah baik.Karena sudah memenuhi syarat yang ada .Apalagi memberikan contoh penggunaan pupuk bakteri.Audiens menjadi tergerak untuk bisa melakukannya.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 7, 2013 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: